Bro Cerdas

Membangun Perspektif Baru Dalam Industri Forex

Full width home advertisement

Post Page Advertisement [Top]

 

Cara menghasilkan profit konsisten


Pastikan Anda tahu probabilitas dari metode trading Anda. Metode seperti apa sih yang membuat trading kita profit konsisten? Itu adalah pertanyaan paling umum yang kerapkali ditanyakan para trader.


Sebenarnya bukan "metode seperti apa", namun akan lebih tepat jika ditanyakan, "metode trading yang bagaimana yang membuat profit konsisten". Karena seharusnya trading itu sederhana dan sangat simpel, namun sayangnya kebanyakan orang membuat trading menjadi sangat rumit dan kompleks.


Ketika dari rumah hendak menuju ke suatu tempat A di kota Anda, ada dua hal yang mungkin terjadi yaitu "hujan" atau "tidak". Anda tentu akan memastikan turun hujan atau tidak dengan menganalisa.


Jika langit mendung dan gelap disertai angin kencang tentu Anda akan menyimpulkan kemungkinan akan turun hujan. Demikian juga sebaliknya, jika langit cerah dan matahari bersinar terang tentu Anda akan menyimpulkan bahwa kemungkinan tidak akan turun hujan. Namun faktanya terkadang mendung tak berarti hujan, dan saat langit cerah pun bisa saja turun hujan. Semua itu adalah soal kemungkinan, yang di dalam dunia trading disebut dengan istilah probabilitas. Trading seharusnya se-simpel dan se-sederhana itu.


Harus diakui dalam dunia trading awalnya semua serba fifty-fifty atau 50:50. Bukankah dalam trading hanya ada "Buy" atau "Sell", "Naik" atau "Turun", dan hanya ada "Profit" atau "Loss"? Mohon dicatat, dalam hal berbicara mengenai profit atau loss yang dimaksud disini adalah SL atau TP, tidak termasuk loss atau profit hasil close manual.


Tujuan utama kita belajar dan mencari metode adalah untuk meningkatkan kemungkinan atau probabilitas profit menjadi 60:40, 70:30, atau bahkan 80:20 dan seterusnya. Namun pada kenyataannya seorang trader yang sudah menemukan metode dengan probabilitas 80:20 sekalipun, tetap saja masih loss. Pertanyaannya, mengapa?


Dalam kasus ini kebanyakan orang terlalu fokus pada profit. Yang diingat hanya profit dan profit, mereka tidak siap dan lupa bahwa ada 20% kemungkinan loss. Tidak bisa menerima saat loss, dan ini menjadi bumerang bagi mereka karena lalu menganggap ada yang salah dalam metodenya. 


Mayoritas trader lebih berfokus pada transaksi atau trade per trade bukan pada portofolio secara keseluruhan. Saat trading loss, loss, loss, dan loss... tiga atau empat kali loss berturut-turut, apa yang biasanya dilakukan orang? Mereka akan cenderung melakukan modifikasi atau bahkan mengubah metode tradingnya. Kebanyakan orang melakukan ini, betul?


Padahal sejak awal sudah diketahui probabilitas metodenya adalah 80:20 dalam artian dari 100x trade, ada kemungkinan 80x profit dan 20x loss. Tetapi, saat loss tiga atau empat kali berturut-turut lalu memodifikasi, mengubah, atau bahkan mengkombinasikan satu metode dengan metode lain. Dan parahnya hal ini dilakukan berulang kali hingga akhirnya tanpa disadari mereka sebenarnya sudah tidak tahu lagi probabilitas metode tradingnya itu berapa? Inilah yang menjadi penyebab saat di awal menemukan metode dengan probabilitas 80:20 namun pada kenyataannya masih saja loss.


Kembali pada contoh ketika hendak menuju ke tempat A di kota Anda. Anda menuju ke sana seperti biasanya lewat jalan B dan ternyata macet. Esok harinya kembali Anda lewat jalan itu untuk kedua kalinya dan macet juga. Saat Anda lewat jalan B untuk yang ketiga kalinya di hari berikutnya dan macet lagi, apa yang terjadi? Anda tentu akan mengatakan, "jalan B macet". Anda tidak mau lewat jalan itu lagi, mencoba mencari jalan lain yang menurut Anda tidak macet. Padahal jika dilewati 100x hanya 20x yang macet sedangkan 80x nya lancar-lancar saja. Tapi tetap saja "jalan B macet", itu yang terekam dalam otak.


Kurang lebih seperti itulah yang terjadi dalam trading ketika memiliki probabilitas metode 80:20 namun tetap saja berujung loss. Setiap kali memodifikasi, mengkombinasi, bahkan mengubah metode, tanpa disadari Anda sebenarnya sedang menuju kepada keadaan "berjalan tanpa arah". Keadaan dimana Anda tidak tahu lagi probabilitas dari metode trading Anda.


Itu fatal saudara, kembalilah kepada metode Anda. Sudah jelas probabilitasnya 80:20, jalankan saja terus secara konsisten. Tidak perlu memodifikasi, mengkombinasi, atau bahkan mengubahnya.


Untuk mengetahui probabilitas dari metode trading, Anda dapat memanfaatkan tools backtest. Tak usah kuatir dipungut biaya, tools ini disediakan gratis. Anda hanya perlu mendaftarkan alamat email yang aktif saja.



KESIMPULAN


Dari uraian di atas kita dapat mengambil kesimpulan bahwa trading bukanlah soal metode, bukan pula soal strategi. Metode hanya memiliki bobot atau pengaruh terhadap kesuksesan seorang trader sebesar 10-15%. Yang jauh lebih penting di dalam trading adalah soal "bagaimana mengalahkan diri sendiri", soal bagaimana menjalankan metode dengan baik, konsisten, dan disiplin.


Bukan berarti metode tidak penting, metode tetap penting karena ini menjadi sebuah senjata. Tetapi senjata sehebat apapun jika ditangan yang tidak tepat akan berakibat buruk bukan?


Bangun Metode Trading Anda dan dapatkan probabilitasnya secara pasti, lalu jalankan secara konsisten tanpa perlu memodifikasi, mengkombinasikan dengan metode-metode lain, atau bahkan mengubahnya. Jalankan saja terus karena Anda sudah yakin dengan probabilitasnya. Inilah cara menghasilkan profit yang konsisten.

No comments:

Post a Comment

Bottom Ad [Post Page]