Bro Cerdas

Membangun Perspektif Baru Dalam Industri Forex

Full width home advertisement

Post Page Advertisement [Top]

Cara berpikir trader profesional sangat berbeda dengan trader pemula atau yang masih amatir


Bagaimanapun juga cara berpikir seseorang akan sangat berpengaruh terhadap kehidupannya. Seseorang akan berhasil dan sukses atau tidak sangat dipengaruhi oleh cara berpikirnya.


Seorang trader profesional memiliki cara berpikir yang sangat berbeda dengan trader pemula atau yang masih amatir. Terutama dalam perspektif dan psikologi trading akan jelas sekali terlihat perbedaan antara winner dan loser.



Trading Sederhana dan Mudah


Trader profesional akan berpikir trading itu harus sederhana dan mudah, maka yang dilakukan adalah menyingkirkan seluruh kerumitan yang terdapat dalam chart. Tampilan chart yang bersih memudahkan untuk melakukan analisa dan menerapkan strategi price action dengan baik. Pada dasarnya chart pergerakan harga menggambarkan situasi dan kondisi pasar yang sedang terjadi.


Berbeda dengan trader pro, trader pemula atau amatir cenderung lebih menyukai chart yang rumit dengan berbagai indikator atau pun robot trading. Yang sebenarnya tidak terlalu penting untuk memperoleh profit secara konsisten. Mereka akan over analisis dan bingung sendiri melihat banyaknya indikator ketika sepertinya memberi sinyal berlawanan dengan apa yang ada dalam pikirannya.



Don't Worry about News & Fundamental


Tidak perlu kuatir berlebihan terhadap berita fundamental. Banyak trader pro berhasil sukses dengan menerapkan strategi trading yang sederhana. Mereka tidak terlalu mengkuatirkan news event karena tahu secara global harga akan kembali kepada pergerakan alamiah.


Pelajari dasar pergerakan harga dan jangan terlalu mengkuatirkan event news. Berbagai berita memang menjadi katalis pergerakan harga, namun faktanya toh tidak perlu dikuatirkan. Akan jauh lebih efektif dan efisien jika kita mempelajari price action yang akan menunjukkan hasil akhir.


Beberapa saat sebelum dan sesudah news event mungkin akan terjadi pergolakan harga yang cukup volatil, namun biasanya arah harga akan kembali kepada pergerakan alamiahnya atau trend yang sedang berlangsung. Maka bersabarlah, tidak perlu terburu-buru entry atau exit.



Gunakan Time Frame Tinggi


Time frame lebih tinggi memiliki akurasi yang lebih baik untuk menganalisa pergerakan harga pasar. Dari pengalaman Bro Cerdas fokuslah pada daily chart terlebih dahulu sebelum berpikir untuk melihat time frame dibawahnya. Daily chart memiliki tingkat akurasi analisa yang sangat baik dibanding time frame yang lain.

Weekly chart bisa digunakan untuk melihat arah dalam jangka waktu yang lebih panjang, namun daily chart sangat penting bagi perkembangan psikologis seorang trader terlebih trader pemula. Utamakan untuk menggunakan daily chart (D-1) dan sesekali lihatlah time frame H-4 untuk melihat perkembangan dan kemungkinan adanya perubahan harga secara tiba-tiba.


Daily chart boleh dikatakan sebagai filter alami yang mampu menyaring pergerakan acak intraday yang terjadi di pasar. Pengalaman Bro Cerdas membuktikan trading dengan daily chart lebih akurat dan menghasilkan profit lebih konsisten. Trader profesional lebih memilih daily chart untuk mendapatkan sinyal. Hal ini dilakukan untuk menghindari sinyal yang tidak akurat dari time frame lebih rendah.


Trader pro seperti penembak jitu yang menunggu sasarannya masuk dalam ruang bidiknya, bukan memberondong sasaran dengan senapan mesin yang boros amunisi seperti sering dilakukan trader pemula atau amatir.



Kendalikan Emosi


Trader pro sungguh menerapkan money management dan mengelola resiko dengan baik dan penuh kesadaran. Mereka mampu mengontrol emosi dan psikologi trading dengan sangat baik. Menentukan target profit dan batas kerugian secara realistis dan bijak. Tidak over trade karena prinsip mereka, semakin sering Anda melakukan transaksi akan semakin besar resiko kerugian yang mungkin Anda dapatkan. 


Semakin sering Anda melakukan transaksi akan semakin besar kemungkinan untuk menjadi emosional. Ini adalah kesalahan yang banyak dilakukan oleh trader pemula. Karena over trade yang kemudian menyebabkan mereka melakukan langkah emosional dalam trading. Sebaiknya bersabarlah, gunakan time frame tinggi atau daily chart dan kuasai price action.



Catat Trading Anda


Mencatat setiap transaksi menjadi sangat penting jika Anda ingin berpikir seperti trader profesional. Agar Anda memiliki track record perdagangan yang bisa dijadikan bahan evaluasi untuk menentukan langkah selanjutnya. Ini penting untuk melatih kedisiplinan dalam trading Anda. Kebanyakan trader pemula mengalami kerugian besar hanya karena tidak disiplin dalam menjalankan metode dan rules yang sudah dibuat.


Penting untuk memiliki trading plan dan jurnal trading yang akan menjadi pedoman Anda dalam melakukan trading. Sebaiknya mulai sekarang terapkan money dan risk management dengan baik, setup price action dan lakukan trading seperti seorang penembak jitu.


Disiplin, disiplin, dan disiplin menjadi kunci utama untuk mendapatkan profit secara konsisten dalam trading.



Pengembangan Rutinitas


Jangan sampai over analisis, karena ini akan membingungkan Anda dan membuang banyak waktu. Kembangkan rutinitas trading Anda dengan pertama-tama memutuskan untuk memahami daily chart. Perhatikan setiap hari pada waktu yang sama, ikuti rutinitasnya dan kembangkan trading plan Anda. Seperti halnya kita berdagang di sebuah pasar, tentu kita akan membuka lapak setiap hari di waktu yang sama bukan?


Tentukan trading plan berdasarkan rules yang sudah Anda buat, kemudian perhatikan daily chart;


Apakah ada kondisi yang sesuai dengan trading plan Anda?
Trend apa yang sedang terjadi?
Berapa range pergerakan harga yang sudah terbentuk?
Apakah ada titik pertemuan?


Jadikan pertanyaan diatas sebagai dasar atau pedoman Anda dalam trading. Lakukan setiap hari untuk melatih kedisiplinan dan menjaga cara berpikir yang tepat dan benar.



Untuk dapat mengembangkan trading plan Anda tentu harus memiliki strategi dan metode trading yang efektif. Price action adalah strategi yang sederhana, sangat mudah dipelajari dan memiliki efektifitas yang baik jika digunakan dengan baik dan benar. Price action strategi akan menjadikan Anda memiliki cara berpikir para trader profesional.

No comments:

Post a Comment

Bottom Ad [Post Page]