Rabu, 20 September 2023

Cara Mempersiapkan Pensiun


Pensiun yang indah tidak serta merta terjadi begitu saja. Dibutuhkan komitmen, perencanaan, konsistensi, dan tentu saja uang dalam mempersiapkannya.

Kapan saya dapat mulai merencanakannya? Now! Ya, sekarang. Kalau tidak sekarang kapan lagi? Menunda menjadi sesuatu yang buruk dalam hal ini.

Merencanakan pensiun adalah tentang bagaimana mengelola uang Anda sehingga dapat dimanfaatkan dengan baik di masa pensiun Anda nanti yang harus disesuaikan dengan kebutuhan, keinginan, dan kondisi riil keuangan yang Anda miliki saat ini. Bukan sekedar menyisihkan dana untuk masa depan karena Anda harus mengetahui berapa banyak uang yang diperlukan dan bagaimana investasi dapat membantu Anda untuk mencapai tujuan itu.

Jadi, tetapkan tujuan pensiun Anda sekarang, termasuk usia dimana Anda akan berhenti bekerja.

Ketahui jumlah uang yang Anda perlukan untuk hidup nyaman di masa pensiun agar Anda dapat menentukan berapa banyak uang yang harus disisihkan.

Memilih dan merencanakan investasi berdasarkan tujuan Anda, termasuk jangka waktu dan profil resiko Anda.


Sepertinya terlihat rumit dan kompleks, namun mari kita mulai dengan menjawab beberapa pertanya mendasar ini :

Berapa jumlah uang yang perlu Anda simpan untuk masa pensiun nanti?

Di usia berapa Anda merencanakan untuk pensiun?

Sumber income/pendapatan apa yang ingin Anda miliki di masa pensiun nanti?


Mengetahui jumlah yang diperlukan pada saat Anda pensiun mungkin menjadi hal terpenting dalam perencanaan pensiun Anda meskipun dalam perjalanannya jumlah ini bisa saja berubah. Namun Anda tentu dapat membuat perkiraan terbaik berdasarkan :


1. Usia Anda


Semakin muda Anda saat memulai investasi, semakin panjang jangka waktu yang Anda miliki. Ini berarti semakin cepat Anda mulai berinvestasi maka akan semakin sedikit uang yang harus Anda simpan atau sisihkan.


2. Gaya Hidup


Apakah Anda berencana untuk tinggal di rumah, traveling, melakukan hobi baru, atau apa pun itu akan membantu Anda mengetahui perkiraan kebutuhan Anda di masa pensiun nanti. Dan jumlah yang perlu Anda simpan atau sisihkan tergantung pada kehidupan yang Anda rencanakan untuk masa pensiun.


Jika Anda adalah seorang pegawai pemerintah, tentu hal ini dapat mengurangi jumlah uang yang harus Anda simpan secara pribadi untuk masa pensiun.

DIMANA SAYA DAPAT MENYIMPAN DANA PENSIUN?

Ada banyak tempat berbeda untuk dapat menyimpan uang dana pensiun Anda. Yang pasti bukan di bawah bantal atau kasur Anda.

Dengan membuka rekening tabungan rencana dana pensiun di bank Anda.

Mengikuti program tabungan pensiun di tempat Anda bekerja.

Lebih dari itu ada baiknya Anda rencanakan langkah finansial selain menabung untuk rencana pensiun. Jika Anda sudah mendekati usia yang Anda tentukan untuk memasuki masa pensiun ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan,

Idealnya sebelum memasuki masa pensiun Anda sudah melunasi seluruh hutang karena bunga hutang/pinjaman ini akan mengurangi pendapatan di masa pensiun. Nanti kita akan belajar lebih jauh mengenai Bagaimana Mengelola Hutang.

Kalkulasikan penghasilan Anda di masa pensiun.

Inflasi di atas 2% seringkali dijadikan acuan untuk perencanaan jangka panjang. Namun ketika inflasi menjadi jauh lebih tinggi, tentu Anda harus mereview lagi jumlah uang yang Anda rencanakan untuk masa pensiun nanti. Cara terbaik akan didapat bergantung kepada seberapa besar penghasilan yang Anda miliki setiap bulannya dan berapa lama Anda hendak bergantung pada dana pensiun Anda.

Pertimbangkan kebutuhan akan asuransi.

Kebutuhan akan asuransi sering berubah seiring dengan bertambahnya usia. Jika sedikit hutang dan tanggungan, mungkin Anda tidak terlalu banyak membutuhkan proteksi asuransi jiwa. Namun bisa jadi Anda masih memerlukan perlindungan untuk kebutuhan darurat seperti misalnya kerusakan rumah atau mobil. Atau bisa saja Anda mungkin menginginkan perlindungan asuransi untuk kesehatan atau penyakit kritis. Lalu jika Anda merencanakan pensiun di negara lain atau travelling, Anda mungkin juga perlu memastikan perlindungan jika terjadi sesuatu pada Anda.

Review anggaran/budget Anda.

Carilah berapa banyak uang yang Anda perlu keluarkan untuk memenuhi kebutuhan di masa pensiun. Apakah jumlahnya sesuai dengan pendapatan bulanan Anda? Jika tidak, maka Anda perlu mencari cara lain untuk meningkatkan penghasilan di masa pensiun.

Ubah tabungan Anda menjadi pendapatan.

Anda mungkin perlu berbicara dengan perencana/penasihat keuangan untuk membantu menetapkan rencana dalam memenuhi kebutuhan penghasilan di masa pensiun. Ini juga mungkin saat yang tepat untuk meninjau tujuan investasi Anda dan melakukan penyesuaian yang diperlukan. Sebagai langkah awal Anda bisa menghubungi kami melalui formulir kontak ini.

Tentukan kontak terpercaya.

Penasihat/perencana keuangan Anda seharusnya menanyakan siapa kontak terpercaya yang akan dihubungkan ke akun Anda yang berfungsi sebagai kontak darurat. Adalah orang yang dapat diajak bicara oleh penasihat keuangan Anda ketika tidak dapat menghubungi Anda atau jika ada kekuatiran mengenai keamanan finansial Anda.

Surat wasiat dan surat kuasa Anda.

Surat wasiat akan meringankan beban hukum dan administratif keluarga Anda dalam menyelesaikan urusan Anda. Jika Anda meninggal tanpa surat wasiat, pengadilan akan menunjuk seseorang untuk mengelola harta warisan Anda dan mendistribusikan asset sesuai dengan formula yang diatur dalam undang-undang yang berlaku.

Pastikan Anda juga memiliki dokumen surat kuasa yang menyebut seseorang untuk membuat keputusan keuangan dan keputusan lain ketika Anda tidak dapat membuat keputusan itu sendiri. Pilih orang yang Anda percaya, yang mengenal Anda dan akan mewujudkan keinginan Anda.


Apakah Anda sudah memiliki rencana pensiun? Atau apakah Anda sedang merencanakan pensiun? Atau Anda ingin mulai berinvestasi?

Sekarang saat yang tepat untuk Anda melakukan itu. Now or Never! Change Your Life!

0 comments:

Posting Komentar